CARA MENCEGAH BAU MULUT

Bau mulut atau dalam bahasa medis disebut halitosis merupakan kondisi ketika seseorang memiliki aroma yang tidak sedap baik saat berbicara atau pun bernafas. Bau mulut bukanlah penyakit atau kelainan yang berbahaya, namun bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri dan kecemasan. Penggunaan permen penyegar mulut dapat mengatasi bau mulut sementara namun tidak mengatasi penyebab masalah.
Umumnya bau mulut disebabkan karena masalah pada gigi dan gusi, kebiasaan hidup yang tidak sehat, atau karena terdapat gangguan kesehatan. Bau mulut dapat diperparah oleh makanan yang dikonsumsi. Terdapat beberapa bau mulut yang khas tergantung oleh penyebab yang mendasari. Sebagian kecil orang mengetahui bahwa memiliki masalah bau mulut namun sebagian besar lagi tidak menyadari hal itu.

Apakah penyebab terjadinya bau mulut?
Merokok
Merokok dapat menyebabkan bau mulut dengan ciri khas sendiri. Perokok dan pengguna tembakau cenderung memiliki masalah atau penyakit pada gusi yang merupakan sumber lain dari bau mulut.

Makanan
Terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu bau mulut seperti bawang putih, bawang bombay, makanan pedas. Ketika makanan tersebut sudah dicerna dan masuk kedalam sistem pembuluh darah dan masuk ke paru-paru maka akan berefek ke pernafasan. Bau mulut akan hilang jika makanan tersebut sudah hilang dari tubuh. Selain itu sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dapat meningkatkan tumbuhnya bakteri dan menyebabkan bau mulut.

Kesehatan gigi yang buruk
Jika tidak memiliki kebiasaan rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan floss maka partikel makanan akan tetap berada didalam mulut dan menyebabkan bau mulut. Makanan yang tersisa akan menghasilkan plak yang mengandung bakteri sehingga dapat mengiritasi gusi. Bakteri pada plak juga dapat menghasilkan bau mulut.Lidah juga dapat menjadi tempat tinggal bakteri dan menghasilkan bau.

Penggunaan gigi palsu
Seseorang yang memakai gigi palsu harus secara rutin membersihkan gigi palsu karena gigi palsu yang kotor akan dengan mudah dihinggapi oleh bakteri yang dapat menyebabkan abu mulut.

Mulut kering
Air liur atau saliva dapat membantu membersihkan mulut dan menghilangkan sisa makanan yang menyebabkan bau mulut. Kondisi mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun. Mulut kering secara alami terjadi ketika tidur sehingga menyebabkan bau mulut ketika bangun tidur terutama jika tidur dengan membuka mulut. Mulut kering juga dapat disebabkan oleh masalah dengan kelenjar ludah dan beberapa penyakit yang lain.

Pengobatan
Beberapa obat secara tidak langsung dapat menghasilkan bau mulut karena menyebabkan mulut kering atau karena senyawa kimia dalam obat yang dapat berefek bau pada pernafasan.

Infeksi pada mulut
Bau mulut dapat terjadi karena efek setelah dilakukannya tindakan operasi pada bagian mulut seperti pencabutan gigi, perbaikan gigi yang rusak, penyakit pada gusi atau radang mulut.

Kondisi kesehatan/ riwayat penyakit.
Penyakit seperti diabetes melitus, gangguan pada lambung, dan kanker dapat menyebabkan bau mulut karena terganggunya proses metabolisme dalam tubuh.

Beberapa bau mulut merupakan kondisi yang wajar, apakah itu?
Sangat normal jika terjadi bau mulut ketika bangun tidur. Kondisi terjadi karena air liur diam didalam mulut selama tidur. Hal ini dapat segera membaik ketika sarapan pagi. Bau mulut yang normal juga dapat terjadi ketika mengkonsumsi makanan yang memicu bau mulut, seperti bawang putih. Perokok juga cenderung memiliki bau mulut yang khas.

Bagaimana cara mengatasi bau mulut?
Untuk mengurangi napas tak sedap dapat dengan berbagai cara seperti:

  • Jaga kesehatan mulut dan gigi secara rutin dan benar seperti menyikat gigi dan lidah dengan cara yang benar dan menggunakan obat kumur antiseptik minimal dua kali sehari. Kedua cara tersebut dapat membunuh bakteri.
  • Secara rutin mengganti sikat gig iketika sikat gigi mulai rusak atau setiap sebulan sekali.
  • Jika memiliki masalah pada gigi dan gusi, konsultasikan dengan dokter gigi segera agar dapat diberikan penanganan yang tepat.
  • Melakukan pemeriksaan mulut dan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan.
  • Mengkonsumsi banyak cairan dapat menjaga mulut agar tetap basah. Lebih baik air mineral dari pada minuman yang manisdan berasa.
  • Mengkonsumsi permen karet juga dapat merangsang produksi air liur yang dapat membantu membersihkan bakteri pada mulut. Permen karet yang mengandung xylitol yang paling baik untuk membantu mencegah atau menghilangkan bau mulut.
  • Menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau mulut.
News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *