Inilah Ciri-Ciri AC Yang Kurang Freon

Freon merupakan bagian penting dalam sebuah air conditioner (AC). Tanpa adanya freon, ac tidak mampu menghasilkan dingin. Bagi pengguna yang masih awam, kadang tidak sadar kalau tekanan freonnya berkurang atau sudah habis. Freon berbentuk gas, yang mana akan berkurang bila digunakan terus menerus. Apalagi ada bagian freon yang bocor, akan lebih cepat lagi freon habis. Mungkin anda berpikir ada kerusakan dan akhirnya harus memanggil service ac. Padahal anda bisa melakukan pergantian sendiri. Tetapi sebelumnya ada harus tahu ciri-ciri ac yang freonnya berkurang atau sudah habis.

Banyak orang yang tidak bisa merawat ac dengan benar. Mereka berpikir, setelah membeli ac tidak perlu perawatan rutin. Ac bisa digunakan dalam waktu yang lama, tanpa harus melakukan perbaiki. Padahal ac membutuhkan perawatan rutin, anda harus mengecek tekanan freon, membersihkan saluran dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu pahami ciri-ciri tekanan freon ac berkurang dibawah ini.

Terdapat Bunga ES di Pipa

Bila ac tidak dingin, mungkin ada masalah di bagian freon. Cobalah cek bagian pipa kecil. Jika terdapat bunga es atau terjadi pembekuan, berarti ac kekurangan gas freon. Hal ini akan membuat ac kurang dingin atau tidak terasa dingin sama sekali, padahal anda sudah mengatur di suhu terendah. Tetapi adanya bunga es di freon, juga bisa disebabkan kipas di indoor tidak berputar dengan baik. anda harus melakukan pengecekan dengan manifoid, sehingga tahu penyebabnya.

Rasa Dingin Kurang Dibandingkan Sebelumnya

Jika sebelumnya ac terasa dingin, tetapi tiba-tiba rasa dinginnya berkurang. Padahal anda menggunakan peraturan suhu yang sama atau lebih rendah. Hal ini terjadi karena tekanan freon ac berkurang. Anda harus melakukan pengecekan dibagian freon. Pengecekan ini menggunakan alat, tidak bisa dilakukan manual. Bila dibiarkan saja tentunya akan membuat ac semakin rusak. alat yang digunakan bernama gauge manifold. Alat ini digunakan untuk cek tekanan freon.

AC Sering Mati dan Hidup Sendiri Terutama Bagian Outdoor

Ada beberapa jenis ac, yang sering mati dan hidup sendiri bila freonnya berkurang. Terutama dibagian outdoor, sehingga ac tidak bisa bekerja dengan baik dan dinginnya tidak maksimal. Salah satu penyebab ac sering mati dan hidup adalah tekanan freon yang berkurang. Jika hal ini terjadi terus menerus, lebih baik segera panggil service ac terpercaya. Sehingga bisa dilakukan pengecekan segera mungkin dan diperbaiki.

Terdapat Tetesan Air di Bagian Indoor

Ac bagian indoor sering mengeluarkan tetesan air, ini dikarenakan kurangannya tekanan freon. Penyebabnya karena terdapat gumpalan es dibagian evaporator. Gumpalan es akan menutupi saluran pembuangan. Pipa pembuangan akan tersumbat dan air tidak bisa mengalir. Akhirnya akan menetap dibagian ac indoor. Untuk mengatasinya memang harus membersihkan bagian pipa dan menambah freonnya.

Memang sangat penting mengetahui penyebab kerusakan pada ac, sehingga bisa diperbaiki segera mungkin. Freon sangat penting untuk kinerja ac. Bila tekanan freon berkurang, akan membuat dinginnya berkurang atau mati total. Anda harus melakukan pengecekan freon dan menggantinya beberapa bulan sekali. Sehingga freon tetap berada di tekanan standar dan tidak membuat mesin bekerja lebih ekstra.

Anda harus mengetahui ciri-ciri freon rusak diatas. Supaya bisa mengantisipasi segera mungkin. Jangan membiarkan kerusakan ac begitu saja. Apalagi tanpa perawatan yang benar. Ini akan membuat ac cepat rusak dan akhirnya harus memanggil service ac. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: servcie ac tentunya bisa mengecek tekanan freon masih banyak atau sudah berkurang, supaya ac tetap dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *