Kuliner di Bandung Yang Recomended Banget, Cobain Deh !

Bandung menjadi salah satu destinasi liburan paling favorit di Jawa Barat, khususnya bagi kalangan warga Jakarta yang ingin refreshing untuk melepaskan penat. Selain karena memiliki suasana alam yang begitu sejuk, Bandung juga begitu dicintai karena banyaknya tempat makan enak yang menarik untuk dicoba. Jadi sembari berlibur, Anda bisa sekaligus berwisata kuliner.

Mulai dari batagor hingga lontong sayur, semuanya dapat Anda cicipi di Bandung. Nah, bagi yang berencana berlibur ke Kota Kembang dalam waktu dekat, berikut ini daftar rekomendasi kuliner Bandung untuk Anda yang diambil dari direktori Traveloka Eats, sebuah fitur terbaru dari Traveloka yang menyediakan ulasan tentang aneka kuliner. Simak selengkapnya!

  1. Iga Bakar Si Jangkung

Menikmati kuliner di Kota Bandung tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, tempat makan yang satu ini sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Dindingnya yang didominasi warna cat hijau, begitu unik ketika Anda melintasi area tersebut.

Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung dijual dengan harga Rp40.000. Berbeda dari iga bakar di tempat lain, warung tenda milik Bapak Haryanto ini menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak berbau. Tenang saja, daging iga bakarnya pun sangat empuk karena sudah melalui proses memasak yang cukup lama. Tertarik mencoba? Iga Bakar Si Jangkung ini mulai beroperasi pukul 12:00 – 23:00 setiap hari.

  1. Nasi Campur 88

Nasi Campur 88 boleh disebut sebagai legenda kuliner di Bandung. Karena berada di warung kaki lima, Anda harus rela mengantre cukup lama untuk bisa menikmati nasi campur di sini. Bahkan, pengunjung yang datang akan diberi nomor antrean. Pasalnya, Nasi Campur 88 sudah tersohor dengan porsinya yang cukup besar dan rasanya yang begitu nikmat.

Satu porsi Nasi Campur 88 yang dibanderol dengan harga Rp50.000 ini terdiri atas nasi, samcan, cha siu, kekian, telur, bakso goreng, mentimun, dan kuah sup. Melihat dari isiannya, sudah dipastikan menu di tempat makan yang terletak di Jalan Cibadak No 152 ini termasuk non halal, ya!

  1. Cuanki Serayu

Cuanki merupakan jajanan khas Bandung berupa hidangan sejenis bakso yang disajikan lengkap dengan tahu dan mi. Warung makan kaki lima di Jalan Serayu No 2 ini buka setiap hari pukul 11:00 – 19:00, tapi seringnya tutup lebih cepat karena cuanki sudah habis terjual. Cuanki Serayu sendiri dijual seharga Rp17.000 per porsi. Namun, Anda juga bisa mencicipi Batagor yang satu porsinya dihargai Rp18.000 di sini.

  1. Batagor Kingsley

Kingsley adalah nama salah satu tempat berburu batagor terlezat yang ada di ibu kota Jawa Barat. Lokasinya terletak di Jalan Veteran No 25. Karena berada di jalur satu arah, sebaiknya Anda pelan-pelan agar tidak kelewatan. Bangunannya punya dua lantai, di mana lantai dasar untuk pembeli take away dan kalau ingin makan di tempat Anda bisa langsung menuju ke lantai 2. Batagor Kingsley ini awet hingga 1 x 24 jam, sehingga banyak dijadikan oleh-oleh.

Berbeda dari kebanyakan penjual batagor, di sini Anda bisa memilih mau batagor yang digoreng atau disajikan bersama dengan kuah. Meski satu buah batagor dihargai Rp13.500, kualitas rasa yang diberikan sudah tak perlu diragukan lagi. Gurihnya rasa ikan tenggiri benar-benar terasa nikmat.

  1. Bakmi Linggarjati

Mengunjungi Alun-alun Bandung kurang lengkap sebelum Anda mampir mencicipi kuliner Bakmi Linggarjati yang satu ini. Berada tepat di Jalan Balonggede No 1, tempat makan yang menyajikan beragam menu mi ini jadi destinasi kuliner favorit pengguna Traveloka Eats. Anda bisa memilih jenis mi yang diinginkan, ada menu Yamin Manis dan Yamin Asin. Soal lauk, Anda bisa menambahkan pelengkap seperti bakso, babat, kikil, serta ayam yang disediakan bersama kuah.

Satu mangkuk Mi Yamin Manis dibanderol dengan harga Rp38.000. Disajikan dalam porsi besar, ukuran mi yamin sendiri terbilang cukup tipis, tapi sangat kenyal dan lembut. Ditambah kuah bakso yang begitu gurih, siap membuat Anda ketagihan. Jangan lupa, coba juga Es Alpukat “Linggarjati” yang tak kalah populer dikalangan pengunjung. Dijual seharga Rp30.000, buah alpukat dalam sajian ini hanya dihaluskan secara manual dan diberi siraman gula jawa. Segar!

  1. Nasi Goreng Bistik Astana Anyar

Untuk Anda yang sedang berburu kuliner malam di Bandung, coba saja berkunjung ke kedai nasi goreng yang ada di Jalan Astana Anyar 264. Terdapat Nasi Goreng Bistik AA yang menjual inovasi dari sajian nasi goreng yang dipadukan dengan bistik ayam nan renyah. Sepiring nasi goreng bistik dijual seharga Rp19.000 saja. Kalau mau tambah telur pun bisa, harganya jadi Rp22.000 per porsi. Tentu sangat terjangkau, bukan?

  1. Bubur Ayam Gibas

Bubur Ayam Gibas selalu ramai dikunjungi para pembeli setiap hari karena harganya yang sangat terjangkau dengan porsi bubur dan topping begitu melimpah. Lokasinya ada di seberang Rumah Sakit Kebon Jati, tepatnya di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung. Soal menu, tempat ini hanya menjual bubur ayam saja. Namun, Anda bisa memilih beragam topping yang nikmat.

Satu porsi bubur ayam biasa bisa dibeli hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp14.000, untuk topping telur muda cukup membayar Rp17.000. Apabila tertarik mencicipi menu komplit harganya hanya Rp20.000 per porsi. Tenang saja, kalau takut kebanyakan Anda bisa memesan bubur ayam ½ porsi, kok.

  1. Lotek Kalipah Apo

Konon, Lotek Kalipah Apo adalah tempat makan lotek terbaik yang ada di Kota Kembang ini. Sajian ini terdiri dari sayuran kol, taoge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda ditambah tempe dan lontong yang disiram dengan saus kacang. Tekstur kacangnya sangat halus seperti saus kental, nyaris tanpa butiran kasar kacang. Cita rasa Lotek Kalipah Apo pun tak perlu diragukan lagi. Manis, gurih, dan punya aroma kencur yang begitu terasa.

Lokasinya berada di Jalan Kalipah Apo No 42, Bandung. Untuk menikmati lotek di Kalipah Apo, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp18.000 saja, sementara menu rujak dan kolak di sini dibanderol dengan harga Rp15.000. Perlu diingat, Lotek Kalipah Apo buka setiap hari, kecuali Selasa, mulai pukul 09:00 – 16:00.

  1. Sekoteng Singapore

Pada dasarnya. sekoteng merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah terdiri dari air jahe yang diberi isian berupa kacang hijau, kacang tanah, biji delima, kolang-kaling, serta potongan roti. Di Bandung Anda juga bisa menemukan minuman sekoteng yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di malam hari.

Sekoteng Singapore sendiri menjadi salah satu legenda kuliner malam Bandung. Sejak beroperasi di tahun 2002, Sekoteng Singapore ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk mencicipinya Anda bisa datang ke Jalan A. Yani No 293. Harganya hanya Rp8.000 saja per mangkuk.

  1. Cie Rasa Loom

Tak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara untuk menikmati kuliner di Aceh. Pasalnya, Anda yang berada di Bandung pun bisa menemukan tempat makan yang menyediakan hidangan khas Serambi Makkah tersebut. Datang saja ke Cie Rasa Loom yang berada di Jalan Buahbatu No 154 ini. Cie Rasa Loom sendiri menyediakan varian nasi goreng serta mi Aceh goreng dan rebus dengan kombinasi isian seperti daging kambing, daging sapi, sosis, ayam, udang, dan rendang.

Pengunjung Traveloka Eats setuju kalau Mie Aceh Rebus Udang adalah menu wajib yang perlu Anda cicipi saat berkunjung. Harganya hanya dipatok sebesar Rp25.000 per porsi. Kalau tak ingin makan berat, ada roti canai yang bisa dipesan dengan harga Rp15.000. Soal minuman, ada Kopi Saring Aceh seharga Rp10.000 yang siap menemani makan malam Anda.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *